tips TOEFL, section 1, Listening

Listening Section (40 Menit)
Pada listening section in terbagi dalam 3 part yaitu part A berupa short talk (percakapan singkat antara 2 orang), part B berupa longer conversation (percakapan panjang) dan part C yang berupa speech (ceramah/ pidato)
1. Part A
Ada beberapa trik yang harus diperhatikan untuk menjawab soal-soal part A:
a. Fokuskan pada second speaker (orang kedua yang berbicara), karena isinya biasanya merupakan kesimpulan dari apa yang diucapkan oleh orang kedua tersebut.
b. Tentukan keyword dari kalimat orang kedua. Keyword dalam kalimat berupa S, V, O, Adj.
c. Pilih jawaban yang merupakan SINONIM dari keyword yang diucapkan oleh orang kedua. Misal: start working = begin a job.
d. Hindari kata-kata yang berbunyi hampir sama dengan keyword dari kalimat orang kedua, karena biasanya itu merupakan jawaban yang salah. Misal: search reseach, church, apartmentdepartment, appointment.
e. Tarik kesimpulan tentang WHO, WHAT, WHERE. Siapa yang berbicara, Apa yang mungkin selanjutnya terjadi, Dimana terjadinya percakapan tersebut.
f. Jika dalam percakapan terdapat kalimat aktif (active statement), jawabannya berupa kalimat pasif (passive statement), demikian pula sebaliknya.
g. Perhatikan negative ekspression. Misal: not sad=happy. Dan juga double negative statement. Misal: isn’t impossible= may happen. Dan juga kata-kata hardly, barely, scarcely, only, rarely, seldom bermakna negative ekspression.
h. Perhatikan ekspressi pengandaian If dan Wish yang bermakna sebaliknya.
i. Perhatikan idioms.

2. Part B dan C
Untuk part B dan C, trik-triknya hampir sama:
a. Analisa setiap pilihan jawaban per soal, agar anda dapat mengantisipasi pertanyaan yang akan muncul.
b. Dengarkan kalimat-kalimat awal. Anda dapat menemukan topik, main idea, dan subjek dalam percakapan tersebut, karena hal-hal tersebut biasanya ditanyakan dalam soal.
c. Tarik kesimpulan tentang WHO, WHAT, WHEN, WHERE.
d. Sembari anda mendengarkan percakapan, tandai dalam pilhan jawaban apa-apa yang terdengar sama, karena bisa jadi itu merupakan jawabannya.
e. Jangan biarkan jawaban kosong, usahakan menebak apabila anda tidak yakin dengan jawaban anda.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Panduan Untuk Berkomentar di Blog ini:
1. Bila belum mempunyai blog atau ingin memakai nama anonim silahkan pilih Name/URL dan bila tidak mempunyai website tolong kosongkan saja

2. Bila Wajah anda ingin terlihat di Blog ini silahkan mendaftar terlebih dahulu di http://en.gravatar.com/site/signup (copy paste URL yang di garis miring) dan setelah selesai maka wajah anda secara otomatis akan tampil di blog ini

Terima kasih atas komentar yang anda berikan. Saran dan kritik anda sangat membangun untuk kemajuan blog ini.

Terima Kasih
Admin Bang Dunia